Penghapusan Sanksi Administrasi Sesuai PMK 91/PMK.03/2015

Pembahas: Imam Nashirudin, MM, AK, CA

Wajib Pajak membetulkan SPT Tahunan 2013 yang dilakukan di tahun 2015 karena ada perolehan harta yang belum dilaporkan, Apakah kalau melakukan pembetulan dengan menambah harta akan dikenakan sanksi? Dan apakah atas sanksi tersebut dapat dihapuskan dengan fasilitas PMK 91/PMK.03/2015.

Pembahasan:

  1.  Pembetulan SPT tidak mengakibatkan timbulnya sanksi sepanjang atas pembetulan tersebut tidak mengakibatkan penambahan jumlah pajak terutang.
  2. Pembetulan SPT tahun pajak 2014 dan sebelumnya yang dilakukan pada tahun 2015 yang mengakibatkan pajak terutang bertambah akan mendapatkan fasilitas penghapusan sanksi administrasi.
  3. Pembetulan SPT karena adanya harta yang belum dilaporkan, dapat berdampak pada tambahan pajak terutang, dan juga bisa tidak berdampak pada tambahan pajak terutang, jika atas penghasilan yang dipakai untuk membeli assets tersebut sudah dikenakan pajak penghasilan, maka pembetulan tidak berdampak pada tambahan pajak terutang dan munculnya sanksi. Namun, jika penghasilan yang dipakai untuk membeli asset belum dikenakan pajak penghasilan, maka pembetulan SPT akan berdampak pada tambahan pajak terutang dan munculnya sanksi. Atas sanksi ini akan dihapuskan seluruhnya, jika wajib pajak melakukan pembetulan SPT tahun 2014 dan sebelumnya yang dilaporkan di tahun 2015.
  4. Contoh: Tuan Johny membeli tanah Rp 5 Milyard pada tahun 2013. Atas pembelian tersebut belum dilaporkan dalam daftar harta di SPT Tahunan 2013. Jika penghasilan yang dipakai untuk membeli tanah tersebut belum dilaporkan di SPT Tahunan dan belum dikenakan pajak penghasilan, maka pembetulan yang dilakukan akan mengakibatkan kekurangan pembayaran dan akan menimbulkan saksi administrasi. Pembetulan yang dilakukan meliputi pembetulan di lembar tambahan harta dan di bagian penghasilan kena pajak.
  5. Pembetulan tersebut akan mengakibatkan bertambahnya jumlah pajak terutang dan munculnya sanksi administrasi sebesar : 2% X jumlah bulan keterlambatan X Rp 5 Milyard. Sanksi tersebut akan dihapus seluruhnya jika pembetulan dilakukan di tahun 2015 dan pembayaran atas kekurangan pajak yang timbul sudah dilunasi. Penghapusan sanksi diberikan dengan fasilitas PMK 91/PMK.03/2015.

Leave a Reply

  

  

  

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>